Marine engine

Selamat Belajar Dan Semoga Bermanfaat

Senin, 18 April 2011

Soal Ujian Semester VII PIP Makassar


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : MEKANIKA & HIDRODINAMIKA
SOAL
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a.       Fluida dan berikan contoh
b.      Tekanan hirostatika dan berikan contoh

2.      Salah satu baut pondasi pengikat GS pump dengan diuameter 12 mm berkarat hendak dibuka dengan menggunakan kunci ring, tetepi karena karat, maka berputar dalam keadaan terpuntir. Berapa gaya yang akan merenggangkan sejauh 0,8 % dari panjangnya. Moduls untuk baut besi adalah 60 x 1010 Pa.

3.      KM senopati dikabarkan oleh penumpang yang selamat bahwa sebelum tenggelam kapal tersebut berputar melaju pada putaran mendatar dengan jari-jari 80 meter dan koefisien gesekan antara badan kapal dengan air adalah 0,18. Jika massa kapal dan penumpangnya sebesar 2700 ton dengan gaya grafitasi tersebut sebesar 10 m/s2. Berapa laju kapal tersebut sebelum tenggelam. Dan jeklaskan pula posisi mana kapal tersebut mendapat turbulen sehingga kapal tidak dapat diselamatkan.


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : ELEKTRONIKA
1.      Selesaikan soal kedua buah rangkaian berikut (perhitungan arusnya), gunakan teori Hukum Kirchoff dan Hukum Ohm:
Kemudian buatkan gambar rangkaian jika kedua sumber tegangan (6 V serta 8 V) terpasang, dan tentukan hasil yang diperoleh dengan hitungan rangkaian jika kedua sumber tegangan (6 V serta 8 V) tersebut terpasang.

2.      a. gambarkan suatu rangkaian penyearah gelombang penuh (FULL WAVE RECTIFIER)
    yang menggunakan dua buah Dioda.
b. Dan jika diketahui data: (gambar sesuai dengan jawaban (a))
            - Trafo CT 220 V/10 V
            - Kapasitor (C) = 1000 µf dan resistor beban (RL) 10 kOhm
              Hitung berapa besar tegangan dc (Vdc) serta tegangan ripple/riak (VR)
              rangkaian penyearah gelombang penuh tersebut diatas.
3.      Jelaskan prinsip kerja peralatan & komponen penstabil tegangan berikut ini (disertai dengan gambar rangkaiannya masing-masing) :
a.       Dioda Zener
b.      Stabilizer / AVR
4.      Jelaskan prinsip kerja UPS (Un-Interuptable Power Supply) disertai dengan gambar blok diagramnya.
5.      Jelaskan secara detail apa yang dimaksud dengan ELEKTROMAGNETIK, dan berikan contoh beberapa peralatan / system yang memiliki prinsip Elektromagnetik beserta prinsip kerjanya masing-masing (salah satu contohnya yaitu: Transformator).
6.       Konversikan bilangan
Dikonversikan ke bilangan Desimal:
a.       10010111
b.      11000110
c.       11111100
Dikonversikan ke bilangan Biner:
a.       200
b.      118
c.       48


 JURUSAN/SEMESTER       : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : PERAWATAN & PERBAIKAN PERMESINAN II
SOAL
1.      Dari pengujian air ketel bantu di kapal ternyata ada indikasi bahwa air ketel tercampur air laut.
a.       Bagaimana anda menentukan asal kebocoran tersebut dan jelaskan cara anda mengatasinya?
b.      Misalkan diketahui bahwa kebocoran berasal dari kondensor, bagaimana saudara dapat memperbaikinya? Sementara ketel tersebut tetap beroperasi?

2.      Kapal saudara akan naik Dock, salah satu tugas saudara harus melakukan pengukuran kelurusan poros motor induk (crankshaft Deflection)
a.       Apa tujuan utama pengambilan pengukuran tersebut?
b.      Data kapal adalah, jumlah sylinder 7 (tujuh), langkah torak 1100 mm. Diameter sylinder 650 mm dan diameter engkolnya 300 mm berikan contoh hasil pengukuran, disertai gambar seperlunya!
c.       Berapa batas angka pengukuran yang dianggap berbahaya dan perlu diadakan perbaikan atau pengaturan kembali?

3.      Dalam suatu pelayaran, sewaktu saudara jaga dikamar mesin, kemudian mualim jaga memberitahukan bahwa dari cerobong banyak sesali “kembang api” yang keluar dari cerobong. Apa yang menjadi penyebab terjadinya kembang api tersebut, dan apa tindakan saudara dalam mengatasi keadaan tersebut?


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : MANAJEMEN KESELAMATAN PELAYARAN
SOAL
1.      Jelaskan latar belakang diterbitkannya ISM Code!

2.      Mengapa ISM Code menjadi sebuah keharusan untuk dilaksanakan oleh Perusahaan Pelayaran?

3.      Jelaskan prinsip pokok agar Manajemen Keselamatan Pelayaran Internasional (ISM Code) dapat dilaksanakan dengan baik!

4.      Apa yang dimaksud dengan ketidaksesuaian besar (Major NC)?

5.      Jelaskan fungsi dan wewenang seseorang Nakhoda di atas kapal dalam melaksanakan ISM Code?

6.      a. Siapakah designated person menurut ISM Code itu?

b. Mengapa designated person itu harus ada?


7.      a. Apa yang dimaksud dengan overriding Authority? 
b. Berikan 2 (dua) contoh bentuk tindakan overriding Authority?          


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : THERMODINAMIKA & MESIN KALOR
SOAL
1.      Kompresor udara, kerja tunggal, satu tingkat, mempunyai diameter silinder 200 mm, langkah 240 mm dan ruang rugi (clearance) 3% dari volume langkah. Keadaan awal tekanannya 98 KN/m2, suhunya 200C dan tekanan kompresinya 420 KN/m2. Jika indeks politropisnya 1,32. Hitunglah:
a)      Berapa lama klep buang terbuka?
b)      Volume udara yang dikeluarkan setiap langkah?
c)      Suhu udara yang dikompresikan?

2.      Gambarkan proses gas berikut ini dalam diagram p – T (Tekanan – Temperatur) dan tuliskan cara mendapatkan jumlah panas(Q) yang dimasukan atau dikeluarkan dari tiap-tiap proses, demikian juga dengan usahanya (W) dalam proses tersebut:
a)      Volume tetap?
b)      Tekanan tetap?
c)      Temperatur tetap?

3.      Kompresor kerja kerja tunggal, dua tingkat, mengisap udara 0,25 perdetik, tekanan udara 100 kN/m2dan suhunya 250C. tekanan udara sesudah tingkat kedua adalah 1200 kN/m2 dimana  dianggap tekanan antara tingkat pertama dan kedua ideal dan pendinginnya sempurna. Indeks kompresi 1,2 dan putaran kompresor 750 permenit.
Jika ruangan rugi didalam tiap-tiap silinder, hitunglah:
a)      Tekanan antara tingkat pertama dan kedua?
b)      Volume masing-masing silinder?
c)      Tenaga yang dibutuhkan kompresor?

4.      Motor diesel 4 tak kerja tunggal, 8 silinder dengan rpm = 180 rpm. Garis tengah masing-masing silinder = 800 mm, langkah torak = 950 mm. tekanan dan suhu awal kompresi masing-masing silinder = 1,034 bar dan 250C. ruang kompresi dari masing-masing silinder  = 20% dari volume langkah torak. Hitung:
a)      Berat udara yang dikompresikan bila R = 0,34 KJ/kg0K.
b)      Tekanan dan suhu akhir kompresi bila pv 1,4 = C.
c)      Usaha kompresi.
                                                                                                                           


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : PSIKOLOGI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
SOAL
1.      Sebutkan lima definisi kepribadian yang telah anda ketahui!

2.      Kepribadian terdiri dari tiga tipologi utama. Sebut dan jelaskan!

3.      Sebut & jelaskan dua karakter yang seharusnya dimiliki oleh seorang calon pelaut dan akan mendukung keberhasilan profesinya kelak!

4.      G.W. Allport mengemukakan tentang kepribadian dewasa, yaitu:
a.       Adanya pemekaran diri.
b.      Kemampuan untuk memandang diri pribadi secara objectif.
c.       Memiliki satu filsafah hidup.
Jelaskan satu persatu?

5.      Kepribadian dapat terbentuk dari proses belajar manusia sepanjang hayat. Jelaskan apa maknanya!

6.      Kepribadian sebagai salah satu identitas diri dalam proses interaksi social manusia. Jelaskan apa maknanya!


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : HUKUM MARITIME
SOAL
1.      a. Selain penumpahan minyak dari kapal, hal-hal apakah secara tidak terduga dapat
    mengakibatkan pencemaran?
b. Bagaimana kedudukan KKM jika kejadian pencemaran minyak dari kapal dijadikan
    perkara hokum?

2.      a. Siapa yang menanggung biaya bahan bakar pada pencharteran:
Ø  Barebout Charter
Ø  Time Charter

Ø  Voyage Charter
c.       Sebutkan dan beri contoh resiko-resiko apa saja yang ditanggung oleh P&L Club!
Jawab ; membayar kerugian yang tidak dibayar asuransi umum, dimana asuransi umum hanya membayar ¾ dari kerugian.
Contoh :
-pencemaran laut oleh minyak dari kapal
-pembuangan muatan untuk menghindari kapal tenggelam
3.      a. Jelaskan perbedaan pokok hokum nasional dan hokum internasional!
b. Jelaskan tujuan “Maritime Law”!
c. Jelaskan tujuan dituangkannya legistislasi internasional ke dalam hokum maritime
    nasional!
d. Mengapa peraturan transportasi laut harus mempunyai legitimasi dari hukum
    internasional?

4.      a. Apa fungsi Mahkamah Pelayaran?
b. Mengapa sorang Nakhoda tidak termasuk dalam awak kapal yang harus disijil? Dan
    mana yang menyatakan hal tersebut?






JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : TEKNOLOGI BAHAN
SOAL
1.      Semua baja yang diproduksi dapat digolongkan menurut:
a.       Macam
b.      Kelas
c.       Tingkat
d.      Kualitas
Jelaskan secara singkat!
2.      Apa maksud baja SAE C1020?

3.      Berikan contoh pengujian logam (metal testing) destructive dan non destructive testing, yang anda ketahui!

4.      Berikan suatu penjelasan yang logis tentang; baja paduan rendah; besi tuang dan besi tempa!

5.      Berbagai petunjuk/instruksi yang harus diperhatikan dalam rangka pencegahan bahaya dan akibat penggunaan bahan non logam seperti asbes! Di kapal-kapal mana yang masih menggunakan asbes?


                


JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : PERMESINAN BANTU II
SOAL
1.      Sebuah ketel pipa air dapat memproduksi uap tiap detik 4,5 kg uap, dengan pemakaian bahan bakar = 0,4 kg/detik. Beban dfapur = 24 m3, No = 9600 kkal/kg bahan bakar, Enthalphy uap panas lanjut 770 kkal/kg uap. Enthalphy air masuk ke economizer = 150 kkal/kg air. Panas jenis gas = 0,26 kkal/kg0C. G udara = 18 kg/kg bahan bakar.
Tentukan:
a.       Kelipatan pengujian
b.      Besarnya redaman ketel
c.       Beban dapur
d.      Panas cerobong dalam kkal/kg bahan bakar, bila suhu gas cerobong 1800C.

2.      MT. SAMAI, mempunyai boiler Bantu piapa air, beroperarsi tidak normal, artinya boiler sering sekali dilakukan blow down.
Ditanyakan:
a.       Apa yang terjadi pada ketel tersebut?
b.      Bagaimana anda mengetahui hal tersebut, agar tidak terlalu sering melakukan blow down?

3.      Jelaskan dengan gambar steering gear, berikut dengan cara kerjanya secara manual dan emergency!

4.      Jjelaskan perbedaan fresh water generator dengan evaporator begitu juga dengan oil water separator!

5.       

6.      Terangkan dengan gambar, proses udara start sebagai start awal mesin penggerak utama!



JURUSAN/SEMESTER        : TEKNIKA/VII (TUJUH)
MATA UJIAN                       : MESIN PENGGERAK UTAMA
SOAL
1.      a. Sebutkan syarat yang harus dipenuhioleh sebuah mesin penggerak kapal?
b. Apa fungsi dariCilinder Head?

2.      Apa yang dimaksud dengan:
a.       Getaran kritis.
b.      Puteran kritis.
c.       Gaya torsi.

3.      Sebuah Kapal Ro-Ro dg 2 unit motor disel P=2375 kW dg propeller ganda rendemen total 45% berlayar dari A ke B ditempuh 2 hari atau 48 jam.
Ditanya:
a.       Berapa persediaan BBM + 5% margin (NO=41 MJ/kg).
b.      Bila 24% panas NO diserap air pend.berapa kapasitas pompa bila selisih temp. 80C.
c.       32% panas NO ke eco menghasilkan uap p=10 bar, t=1800C & air pend=600C. bila rendemen eco=86%, berapa uap yang bias dihasilkan?

2 komentar: